Welcome to my site & Enjoy my post

kemiskinan_5 Secara umum kemiskinan lazim didifinisikan sebagai kondisi dimana seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasarnya dalam rangka menuju kehidupan yang lebih bermartabat. Kemiskinan merupakan masalah kompleks yang dipengaruhi oleh berbagai faktor yang saling berkaitan antara lain tingkat pendapatan, kesehatan, pendidikan, akses terhadap barang dan jasa, lokasi geografis, gender dan kondisi lingkungan.
Kemiskinan merupakan masalah kompleks yang di hadapi oleh seluruh pemerintahan yang ada di dunia ini. Ia di pengaruhi oleh beberapa faktor yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Faktor tersebut antara lain tingkat pendapatan, pendidikan, kesehatan, akses barang dan jasa, lokasi geografis, gender dan kondisi lingkungan.

Kemiskinan merupakan kondisi dimana seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasarnya dalam rangka menuju kehidupan yang lebih bermartabat. Oleh karena itu, kemiskinan wajib untuk ditanggulangi, sebab jika tidak tertanggulangi akan dapat mengganggu pembanguan nasional. Dalam konteks ini, beberapa upaya yang tengah dilakukan oleh pemerintah Indonesia adalah dengan menggerakkan sektor real melalui sektor UMKM.

Beberapa kebijakan yang menyangkut sektor ini seperti program KUR (Kredit Usaha Rakyat) dan PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat). Upaya strategis yang dapat dilakukan dalam rangka pemberdayaan UMKM antara lain :

  1. menciptakan iklim yang kondusif bagi pengembangan UMKM meliputi regulasi dan perlindungan usaha.
  2. menciptakan sistem penjaminan bagi usaha mikro.
  3. menyediakan bantuan teknis berupa pendampingan dan bantuan menejerial.
  4. memperbesar akses perkreditan pada lembaga keuangan. Dengan empat langkah tersebut, maka sektor UMKM akan lebih bergerak yang  pada akhirnya akan berakibat pada pengurangan angka kemiskinan.
  • Penyebab Miskinnya Masyarakat Indonesia

Ada 4 penyebab utama kenapa di Indonesia masyarakatnya miskin dan melarat di antaranya yaitu:

  1. 90% rakyat Indonesia tidak mempunyai akses kepada uang.
  2. Pemerintah tidak dapat menjaga stabilitas harga barang-barang pokok dan barang-barang penting.
  3. Pemerintah tidak memberikan jaminan social kepada masyarakat Indonesia.
  4. Pemerintah gagal memberantas korupsi.

90% rakyat Indonesia tidak mempunyai akses kepada uang,sebagaimana diketahui uang ada di bank.90% rakyat Indonesia tidak dapat meminjam uang bank.Sehingga mereka tidak menikmati fasilitas perbankan.Padahal salah satu kondisi untuk mewujudkan kemakmuran rakyat adalah seluruh rakyat orang perorang harus mempunyai akses untuk mendapatkan pinjaman/kredit dari bank.
Agar 90% rakyat Indonesia dapat meminjam uang di bank,maka pemerintah perlu mengadakan revolusi kebijakan,yaitu pesmerintah melakukan 2 kebijakan pokok yaitu pemerintah menjadi penjamin pinjaman rakyat dan pemerintah membayar bunga pinjaman itu selama tiga tahun.

Adapun rakyat yang perlu mendapatkan pinjaman bank dengan di jamin oleh pemesrintah dan di berikan subsidi bunga selama tiga tahun yaitu:petani,nelayan,Ukm,dan koperasi.

Kalau petani,nelayan,UKM dan koperasi sudah seluruhnya menikmati kredit perbankan dapat di pastikan,tingkat penghasilan mereka meningkat.Maka revolusi kebijakan kedua yang harus di lakukan oleh pemerintah adalah menjaga stabilitas harga barang-barang pokok dan barang-barang penting agar tidak ada kenaikan harga selama tiga tahun,kalau bias di usahakan tidak ada kenaikan harga selama lima tahun.sehingga pendapatan rakyat tidak di rampok oleh kenaikan harga barang-barang itu.dengan demikian juga pemerintah dapat menjaga stabilitas tariff jasa-jasa,agar trif jasa jasa itu selama lima tahun tidak ada kenaikan.

Revolusi kebijakan ketiga yang harus dilakukan oleh pemerintah adalah menjalankan perintah pasar 34 ayat 1 UUD 1945 yang menyatakan:”fakir miskin dan anak anak yang terlantar di pelihara oleh Negara”.Pasal 34 ayat 1 UUD 1945 dengan tegas dan jelas sekali menyatakan tugas pemerintah,yaitu memelihara fakir miskin dan anak anak yang terlantar.artinya tidak boleh ada jutaan wanita Indonesia karena keminkinan menjadi TKW di manca Negara.sehingga Indonesia dikenal sebagai bangsa BABU dan sebagai Negara BABU.Suatu hal yang sangat meruntuhkan kehormatan dan martabat bangsa Indonesia dan Negara Indonesia.

Revolusi kebijakan yang ke empat yang perlu segera di lakukan oleh pemerintah adalah menghapus korupsi dan segera mendeklarasikan Indonesia sebagai Negara yang bebas korupsi.untuk itu pemerintah harus segera menyiapkan serangkaian’’dektrit’’untuk menghabisi korupsi.Baik korupsi pada sisi belanja Negara ataupun korupsi pada sisi penerimaan Negara,karena sekarang ini di tafsir korupsi pada belanja Negara mencapai 100 trilyun rupiah,sedangkan korupsi pada penerimaan Negara mencapai 300 trilyun rupiah.

  • Penanggulangan/Upaya Mengatasi Kemiskinan

Pemerintah melakukan beberapa program untuk mengatasi masalah kemiskinan yang
terus terjadi di Negara kita. Beberapa program yang tengah digalakkan oleh pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan antara lain dengan memfokuskan arah pembangunan pada tahun 2008 pada pengentasan kemiskinan. Fokus program tersebut meliputi 5 hal antara lain :

  1. menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan pokok
  2. mendorong pertumbuhan yang berpihak pada rakyat miskin
  3. menyempurnakan dan memperluas cakupan program pembangunan berbasis masyarakat
  4. meningkatkan akses masyarakat miskin kepada pelayanan dasar
  5. membangun dan menyempurnakan sistem perlindungan sosial bagi masyarakat miskin.

Dari 5 fokus program pemerintah tersebut, diharapkan jumlah rakyat miskin yang ada dapat tertanggulangi sedikit demi sedikit. Beberapa langkah teknis yang digalakkan pemerintah terkait 5 program tersebut antara lain:

 

  • Menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan pokok.

Fokus program ini bertujuan menjamin daya beli masyarakat miskin/keluarga miskin untuk memenuhi kebutuhan pokok terutama beras dan kebutuhan pokok utama selain beras. Program yang berkaitan dengan fokus ini seperti :

  1. Penyediaan cadangan beras pemerintah 1 juta ton
  2. Stabilisasi/kepastian harga komoditas primer
  3. Mendorong pertumbuhan yang berpihak pada rakyat miskin.

Fokus program ini bertujuan mendorong terciptanya dan terfasilitasinya kesempatan berusaha yang lebih luas dan berkualitas bagi masyarakat/keluarga miskin. Beberapa program yang berkenaan dengan fokus ini antara lain:

  • Penyediaan dana bergulir untuk kegiatan produktif skala usaha mikro dengan pola bagi hasil/syariah dan konvensional.
  • Bimbingan teknis/pendampingan dan pelatihan pengelola Lembaga Keuanga Mikro (LKM)/Koperasi Simpan Pinjam (KSP).
  • Pelatihan budaya, motivasi usaha dan teknis manajeman usaha mikro
  • Pembinaan sentra-sentra produksi di daerah terisolir dan tertinggal
  • Fasilitasi sarana dan prasarana usaha mikro
  • Pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir
  • Pengembangan usaha perikanan tangkap skala kecil
  • Peningkatan akses informasi dan pelayanan pendampingan pemberdayaan dan ketahanan keluarga
  • Percepatan pelaksanaan pendaftaran tanah
  • Peningkatan koordinasi penanggulangan kemiskinan berbasis kesempatan berusaha bagi masyarakat miskin.
  • Menyempurnakan dan memperluas cakupan program pembangunan berbasis masyarakat.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi dan optimalisasi pemberdayaan masyarakat di kawasan perdesaan dan perkotaan serta memperkuat penyediaan dukungan pengembangan kesempatan berusaha bagi penduduk miskin. Program yang berkaitan dengan fokus ketiga ini antara lain :

  • Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di daerah perdesaan dan perkotaan
  • Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah
  • Program Pembangunan Daerah Tertinggal dan Khusus
  • Penyempurnaan dan pemantapan program pembangunan berbasis masyarakat.
  • Meningkatkan akses masyarakat miskin kepada pelayanan dasar.

Fokus program ini bertujuan untuk meningkatkan akses penduduk miskin memenuhi kebutuhan pendidikan, kesehatan, dan prasarana dasar. Beberapa program yang berkaitan dengan fokus ini antara lain :

  • Penyediaan beasiswa bagi siswa miskin pada jenjang pendidikan dasar di Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs);
  • Beasiswa siswa miskin jenjang Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah (SMA/SMK/MA);
  • Beasiswa untuk mahasiswa miskin dan beasiswa berprestasi;
  • Pelayanan kesehatan rujukan bagi keluarga miskin secara cuma-cuma di kelas III rumah sakit
  • Membangun dan menyempurnakan sistem perlindungan sosial bagi masyarakat miskin.

Fokus ini bertujuan melindungi penduduk miskin dari kemungkinan ketidakmampuan menghadapi guncangan sosial dan ekonomi. Program teknis yang di buat oleh pemerintah seperti :

  • Peningkatan kapasitas kelembagaan pengarusutamaan gender (PUG) dan anak (PUA)
  • Pemberdayaan sosial keluarga, fakir miskin, komunitas adat terpencil, dan penyandang masalah kesejahteraan sosial lainnya.
  • Bantuan sosial untuk masyarakat rentan, korban bencana alam, dan korban bencana sosial.
  • Penyediaan bantuan tunai bagi rumah tangga sangat miskin (RTSM) yang memenuhi persyaratan (pemeriksaan kehamilan ibu, imunisasi dan pemeriksaan rutin BALITA, menjamin keberadaan anak usia sekolah di SD/MI dan SMP/MTs; dan penyempurnaan pelaksanaan pemberian bantuan sosial kepada keluarga miskin/RTSM) melalui perluasan Program Keluarga Harapan (PKH).
  • Pendataan pelaksanaan PKH (bantuan tunai bagi RTSM yang memenuhi persyaratan).

Jadi intinya ya untuk para reader, di perlukan kesadaran dan ke insyafan seluruh rakyat Indonesia untuk menjadikan kemiskinan dan kemelaratan sebagai musuh bersama yang harus segera di kalahkan dan Negara yang didirikan untuk rakyat ini,haruslah menjadi alat yang ampuh dalam mengalahkan kemiskinan dan kemelaratan dan dalam mewujudkn republic Indonesia sebagai Negara kemakmuran dan sebagai Negara kesejahteraan.
sumber :
1. http://fisipol.unmuhjember.ac.id/berita/95.html
2. http://marx83.wordpress.com/2008/07/05/upaya-penanggulangan-kemiskinan/

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: